Panduan Singkat Menyusun RPP


PANDUAN MENGEMBANGKAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


  • Komponen Rencana Pembelajaran

A. Identitas

Identitas pada RPP berisi :

  1. Sekolah
  2. Kelas/Semester
  3. Mata Pelajaran
  4. Alokasi Waktu

B. Standar Kompetensi

Diambil dari kurikulum/Standar Isi yang telah ditetapkan oleh Pemerintah

C. Kompetensi Dasar

Diambil dari kurikulum/standar isi yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Merupakan penjabaran dari Standar Kompetensi.

D. Indikator

Dikembangkan dari Kompetensi Dasar, merupakan perilaku-perilaku yang menunjukkan materi pelajaran telah tersampaikan. Indikator ini dapat terdiri dari indikator kognitif, afektif, psikomotor dan keterampilan social.

E. Tujuan Pembelajaran

Tujuan/hasil yang akan dicapai di akhir pembelajaran dengan melihat ketercapaian indikator yang telah ditetapkan atau dengan melihat perubahan perilaku siswa setelah pelajaran berakhir. Dalam membuat tujuan pembelajaran, hendaknya menggunakan system ‘ABCD’, yaitu Audience, Behaviour, Condition, dan Degree.

F. Materi Pembelajaran

Materi pelajaran yang akan disampaikan dalam pertemuan yang akan dilaksanakan.

G. Model/Metode Pembelajaran

Model dan atau metode pembelajaran yang akan digunakan dalam menyampaikan materi pembelajaran.

H. Langkah-langkah Pembelajaran

Pada bagian ini harus dirancang kegiatan pembelajaran yang di dalamnya tercermin strategi pembelajaran untuk mencapai kompetensi. Strategi penyampaian ini dapat dilihat dari pemilihan pengalaman belajar yang dikembangkan  oleh guru. Di sini guru diberi kebebasan untuk mengembangkan kemampuan dan kreatifitasnya dalam merancang scenario pembelajaran. Langkah-langkah pembelajarn ini terdiri dari tiga tahap, yaitu : kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir.

I. Sumber Pembelajaran

Sumber yang digunakan untuk memperoleh informasi dalam kegiatan belajar mengajar.

J. Alat dan Bahan Pembelajaran

Segala jenis alat dan bahan yang digunakan dalam kegiatan pembelajran yang akan mendukung tercapainya kompetensi dan pengalaman belajar siswa sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai.

K. Penilain (Instrumen)

Tata cara guru untuk menilai hasil belajar siswa dengan menggunakn kaidah-kaidah penilaian yang tepat.

L. *Daftar Pustaka

Sumber rujukan yang diambil oleh guru dalam mengambil materi yang diajarkannya. (*keterangan=tidak harus disertakan).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: